Pameran Komputer yang Kurang Mendidik

11Jun10

Seperti tahun-tahun (atau bulan-bulan) sebelumnya Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) menggelar pameran computer di kota Solo, tepatnya pada  2-6 Juni 2010 di Diamond Convention Center Solo. Acara yang dihadiri lebih dari 48 ribu pengunjung itu diikuti oleh vendor-vendor computer terkenal di Indonesia.

Sayangnya, seperti tahun-tahun sebelumnya yang saya rasakan pemainnya masih sama. Komoditi yang dipasarkan masih hampir sama juga. Barang-barang IT yang dijual berkisar laptop, notebook, printer, monitor dan barang-barang IT yang familiar dengan kita.

Sebenarnya, alasan saya datang ke sana Cuma ingin mencari dan membeli keyboard berwarna putih, yang akhirnya tidak saya temukan. Rata-rata keyboard yang dijual berwarna hitam semua.  Menurut pendapat saya, sebaiknya pameran computer semacam ini dijadikan sarana edukasi masyarakat mengenai perkembangan teknologi computer dan memamerkan barang-barang kesukaan penggila IT.

Dalam masalah perkembangan teknologi misalnya di pameran tersebut operating system (OS) yang dipakai oleh computer kebanyakan Window (XP-Window 7), hal ini menimbulkan kesan bahwa computer identik dengan Window, akan lebih mendidik atau lebih menarik (mungkin) ada stan khusus pengenalan OS, missal linux , apple, dan lain-lain. Contoh berikutnya adalah yang dipamerkan rata-rata masih laptop, padahal teknologi computer sekrang sudah makin maju, dengan diproduksinya i-pad, BB, bahkan tidak ditemukan sama sekali saat pameran.

Berikutnya, bahwa penggila IT kadang tidak hanya butuh hardware, tapi butuh sesuatu yang unik mengenai IT, misalnya kaos, pin, stiker, accesoris yang berhubungan dengan IT. Atau sesuatu yang unik lainnya semacam computer overlock, computer classic, dan lain-lain.

Akhirnya, dalam tulisan ini saya hanya berharap bahwa pameran-pameran produk apa saja hendaknya mendidik masyarakat terkait perkembangan produk tersebut dan bukan sekadar memenuhi kebutuhan pengunjung saja. Semoga p-ameran berikutnya menjadi lebih baik… yang paling penting semoga pemeran computer berikutnya ada yang menjual keyboard berwarna putih 😀



No Responses Yet to “Pameran Komputer yang Kurang Mendidik”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: