Pinjaman Terbaik

11Mar10

Beberapa kitab sirah (sejarah) dan tafsir menjeaskan bahwa ketika turun ayat 245 Surat Al-Baqarah “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak”. Abu Dahdah Al-Anshari ra bertanya kepada Rasulullah saw, “Ya Rasul, Apakah Allah menginginkan agar kami meminjamkan kepada-Nya ?” Rasulullah menjawab, “Benar, Wahai Abu Dahdah.” Lalu Abu Dahdah berkata kepada beliau, “Perlihatkan tanganmu ya Rasul.                “ Lalu beliau menyodorkan tangannya kepada Abu Dahdah dan Abu Dahdah berkata, “Saksikanlah wahai Rasul, bahwa aku telah meminjamkan kebunku untuk Rabbku.”

Setelah itu Abu Dahdah pergi ke kebunnya. Di sana ada istri dan anak-anaknya. Ia memanggil istri dan anak-anaknya. “Hai istriku.” Isrinya menjawab, “ya” Abu Dahdah berkata, “Keluarlah engkau dan anak-anak dari kebun ini. Sesungguhnya aku telah meminjamkan kebun ini kepada Allah.” Istrinya menjawab, “Beruntunglah jual belimu itu, wahai Abu Dahdah.” Lalu istri dan anak-anaknya keluar dari kebun dan mengeluarkan kurma yang mereka kunyah dan kurma yang ada di kantong mereka lalu meletakkannya di kebun. Lalu Rasulullah bersabda, “Betapa banyak tandan anggur yang lebat untuk Abu Dahdah di surga (Hadist Riwayat : Muslim)

Dalam kebun Abu Dahdah tersebut ternyata terdapat 600 pohon kurma yang telah masak. Abu Dahdah adalah seorang sahabat Anshar dan dikenal dengan nama Abu Dahdah Tsabit bin Dahdah ra. Ia ikut dalam perang Uhud dan menemui syahidnya di sana.

Sungguh begitu banyak teladan yang bisa kita petik dari kisah-kisah orang-orang terdahulu. Khusus dalam hal sedekah, banyak dari mereka yang tidak tanggung-tanggung menyedekahkan hartanya. Dari Abu Bakar ra yang menyedekahkan seluruh hartanya, Umar bin Khattab yang menyedekahkan separuh hartanya sampai Abu Dahdah, meyedekahkan seluruh kebun kurma siap panen kepada kepentingan umat Islam di masa itu. Semangat bersdedekah mereka tentunya berawal dari banyak faktor, utamanya  adalah faktor keimanan kepada Allah SWT serta janji Allah SWT akan surga-Nya. Namun yang menarik adalah bahwa mereka bersedekah dan berbuat kebaikan lainnya didorong oleh dukungan keluarga- istri dan anak-anaknya.

Mungkin dukungan keluarga  itulah yang diperlukan agar kita selalu ingat untuk selalu melaksanakan kebaikan. Oleh karenanya Allah SWT juga memberi peringatan kepada kita dalam hal memilih pasangan Wanita-wanita yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik pula.” (QS. An Nuur:26).

Hidup di jaman yang tidak pasti seperti saat ini, selalu ada cobaan dan hambatan dalam berbuat kebaikan. Misalnya niat sedekah tapi  saat itu juga terbesit dalam hati rasa kurang percaya kepada dhuafa, apakah mereka menggunakan sedekah kita dengan benar atau tidak. Maka dari itu, semua amalan memang harus diawalai dengan niat yang benar, bersih dari riya (sombong) serta didukung dengan informasi kuat mengenai manfaat amalan-amalan kita sehingga bisa memperkuat niat dan semangat kita (ditulis dalam epilog majalah enha edisi 15- gambar dari sini)



2 Responses to “Pinjaman Terbaik”

  1. 1 alice pngen .....

    😕


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: